Selasa, 29 Maret 2011

Untuk kita amalkan.... Hadist pilihan

Coba simak hadits ini...

" Barangsiapa ada kelebihan tempat (tempat yang kosong) dalam kendaraan (punggung unta) hendaklah diberikan kepada orang yang tidak punya kendaraan (diajak serta), dan barangsiapa punya kelebihan bekal (perjalanan) maka hendaklah diberikannya kepada orang yang tidak punya bekal. (HR. Muslim) "

Tanpa harus dijelaskan pun kita akan mengerti maksud hadits ini....
Bayangkan jika umat muslim benar-benar mengamalkan apa yang Rosul sabdakan ini...

* kemiskinan bisa sangat berkurang sangat banyak, bukankah kita hidup adalah perjalanan menuju ke akhirat. salah satu bekal adalah amal, amal memang tak bisa dibagi. tp bukankah bekal hidup salah satunya adalah harta? berapa juta banyaknya manusia muslim yang memiliki kelebihan bekal (baca: harta) mengapa tidak memberikan kepada yang tidak punya bekal? hanya disimpan hingga membusuk dan menjadi dosa.

* tidak akan ada perebutan kekuasaan, bukankah didunia ini sangat banyak sekali posisi? mengapa kita harus menduduki posisi hingga lebih dari satu? mengapa tidak kita bagi dengan orang-orang yang juga pantas atau bahkan lebih pantas dari kita.

* tidak akan ada lagi yang disebut gelandangan, tidur beralaskan tanah beratap langit. dibawah jembatan, dikolong-kolong, berapa juta banyaknya rumah yang masih kosong kamarnya, bukan tak mau menghuni tapi sengaja dibiarkan karena punya kamar yang sangat banyak.

* tidak akan ada lagi anak yang tak berayah dan tak beribu, berapa banyak manusia yang Allah takdirkan tak punya anak? bukankah itu pertanda bahwa ada banyak anak yang sudah Allah berikan tapi tidak berayah dan beribu.

* tidak akan ada lagi kemacetan lalu lintas, kalau kita perhatikan dijalan-jalan yang macet, penuh sesak, sangat jarang sekali mobil itu terisi penuh bahkan sering kita jumpai satu mobil hanya berisi satu orang saja.

WA ALLAHU A'LAM.. semoga bermanfaat..

By. Moh. Rosyid Mahmudi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar